16 November 2014

Lima Kiper dengan Cetakan Gol Terbanyak

Sebagai penjaga gawang, umumnya kiper akan berada di garis pertahanan dan tak pernah keluar dari kotak penalti. Namun sejarah mencatat beberapa kiper memiliki torehan gol untuk timnya. Berdasarkan penelusuran Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, setidaknya ada lima kiper yang berhasil merobek gawang lawan:
1. Rogerio Mucke Ceni
Pria kelahiran lahir Pato Branco, 22 Januari 1973, itu adalah kiper Sao Paulo, Brazil. Sejak 7 Desember 1990, ia telah bermain lebih dari seribu pertandingan. Termasuk memenangkan dua gelar Copa Libertadores dan dua World Club Championship untuk Sao Paulo.

Selain piawai di bawah mistar, Rogerio memiliki spesialisasi tendangan bebas dan penalti. Total, sekitar 121 gol ia bukukan melalui tendangan bebas dan penalti dari seluruh pertandingan. Pada 2014 saja, tercatat sekitar sepuluh gol telah Rogerio lesakkan. Deretan gol itu pula yang membawa Rogerio menjadi pemegang rekor sebagai kiper dengan gol terbanyak dalam sejarah sepakbola.

2. Jose Luis Chilavert
Pria bernama lengkap Jose Luis Felix Chilavert Gonzalez ini merupakan mantan kiper asal Paraguay. Cetakan gol terbanyak ia cetak kala berada di bawah mistar gawang Atlético Vélez Sarsfield, klub yang berlaga di Primera Division Argentina.  Dari 62 gol, sebanyak 48 poin ia panen dari 341 pertandingan bersama Vélez Sarsfield.

Pemegang tiga kali penghargaan Kiper Terbaik Dunia versi International Federation of Football History & Statistics itu menghasilkan gol melalui bola-bola mati. Ia pun kerap mendapatkan kepercayaan untuk mengeksekusi tendangan bebas dan penalti. Pada 2004, Chilavert memutuskan gantung sepatu dan mengakhiri karier di Vélez Sarsfield.

3. Rene Higuita
Di antara daftar penjaga gawang dunia, mungkin Higuita dapat digolongkan sebagai kiper paling nyentrik. Kiper berjuluk el loco ini menyita perhatian dengan kostum mencolok dan rambut keriting yang gondrong. Pria bernama lengkap Jose Rene Higuita Zapata itu merupakan mantan penjaga gawang Kolombia.

Fenomena lain Higuita adalah tendangan kalajengkingnya. Ketika gelandang Inggris, Jamie Redknapp, melepaskan tendangan dari jarak jauh, Higuita menghalau bola menggunakan tendangan akrobatik dengan melengkungkan kedua kaki di atas kepala. Selama karirnya, ia telah mencetak 41 gol: 37 pinalti dan empat dari tendangan bebas. Pada 2010, Higuita memutuskan pensiun setelah 25 tahun berkarier di lapangan hijau.
 
4. Dimitar Ivankov
Dimitar Ivanov Ivankov adalah kiper asal Bulgaria. Meski bertuga menjaga gawang, Ivankov sering didaulat sebagai eksekutor penalti. Tendangan Ivankov memang akurat dan terbukti ampuh menolong timnya, Levski Sofia, meraih tambahan poin dan kemenangan.

Sejak memulai karier pada 1996, ia turut andil mengantarkan Levski Sofia meraih lima gelar juara.  Ivankov pun telah mengemas 40 gol dan sempat memenangkan Super Lig Turki bersama klub Turki, Bursaspor, kala 2010.




5. Johnny Martín Vegas Fernández
Vegas merupakan penjaga gawang asal Peru. Dia mencetak 30 gol dari tendangan penalti dan sembilan poin hasil tendangan bebas maupun sundulan. Vegas, yang saat ini bermain di Liga Utama Peru, berseragam Pacifico. Gol terbanyaknya ia peroleh kala berseragam Sport Boys, yang berlaga di divisi dua Liga Peru. Sebanyak 20 gol telah Vegas raih dalam 189 pertandingan. Sport Boys sendiri merupakan tim profesional pertama Vegas sejak 1997-2003.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar